Adventure bersama keluarga ke Bromo

Saat liburan Hari Raya Nyepi kemarin saya dan keluarga berencana camping ke Bromo.kebetulan masyarakan Suku Tengger sedang menjalanin Ibadah Nyepi .

Ditengah perjalanan kita sempat berhenti beberapa kali karena ada acara gelar Ogo-ogo di sepanjang jalan menuju bromo, tepatnya di Kecamatan Wonokitri - Kabupaten Pasuruan. Dinginnya pegunungan Bromo di tambah suasana kabut yang tebal disertai gerimis tak membuat kita gentar melanjutkan touring malam ke Bromo,

terlihat kita sedang memakai jas hujan di perjalannan kita,pesta masyarakat Tengger semakin ramai saat kita sampai di Pendopo Agung di Kec.Wonokitri. Mereka sangat antusia merayakan Hari Raya Nyepi .Beruntunglah kita sudah di sajikan pertunjukan iring-iringan Ogo-ogo yang sanagta langkah ini.

Setelah dua jam lebih bermacat-macatan kita melanjutkan perjalanan kembali yang sudah sedikit lagi sampai di pananjakan, kebetulan kita berangkat dari Pandaan jadi yang kita lewati jalur Nongkojajar ,meski agak terjal perjalanan agak sedikit lebih cepat dari pada lewat jalur malang atau probolinggo.
45 menit dari Pendopo Agung Wonokitri kita akhirnya sampai pananjakan sekitar jam 22.00, tak butuh waktu lama kita langsung dirikan tenda dan masak mie instan .perut sudah tak tahan laparnya di tambah dinginnya suasana Bromo.

Tepat jam 4.30 waktu setempat ,kita bersiap-siap jalan menuju puncak Pananjakan tak jauh dari tempat kita dirikan tenda. 5menit jalan kita sampai di puncak Pananjakan, dan kita pun tak ketinggalan mengabadikan moment berharga ini :

Suasana yang sangat indah membuat kita takan bisa melupakan begitu saja, cuaca yang cerah membuat matahari terbit begitu nampak jelas dan cerah .

Pukul 6.00 ,saatnya packing tenda dan peralatan yang lain .Dan melanjutkan perjalanan turun ke lautan Pasir dan Gunung Bromo. Kebetulan sekali jalur dari Pananjakan ke Lautan Pasir baru selsai di renovasi dan beruntung lagilah kita.setelah 30 menit perjalanan dari Pananjakan kita tiba di lautan pasir. Dan lagi-lagi kita sempatkan mengambil moment foto-foto.

Foto saat mau turun ke Lautan Pasir tepat pukul 6.00 pagi.suasana yang cerah membuat lautan pasir nampak begitu jelas.

Saat tiba di lautan pasir kita berhenti 15menit ,dan merenggangkan mental yang sempat tegang karena melintasi jalan yang begitu curam dari arah pananjakan ke lautan pasir.

Tak lama kemudian kita sampai di parkiran pas di bawah kaki gunung Batok. setelah keluar parkiran kita di sambut suku tengger yang lagi ojek kuda. tak cukup mahal kalau kita bisa tawar ,hanya Rp 25,000 kita sudah bisa nunggang kuda menaikin terjalnya pasir menuju kawah G.Bromo.

Setelah perjalanan menunggangin kuda kurang lebih 15menit ,sampai juga di tangga G.Bromo dan lagi-lagi kita bernarsis-narsis dulu. sambil menunggu kawan yang lain yang jalan kaki dari parkiran .

setelah menunggu 20menit akhirnya anggota berkumpul semua. Dan kita pun melanjutkan pendaki ke Kawah G.Bromo lewat Tangga yang sedang di sediakan.

Ada mitos yang berkembang di tangga Gunung Bromo ini. “Tatkala kamu naik bersama temen lawan jenis atau pacar kamu dan menghitung tangga ini ketika naik dan di akhir tangga hitungannya sama, maka kamu akan jodoh. Namun kebanyakan hasil hitungannya adalah berbeda. Itu sich mitos yang berkembang di sana. Lo aku ya jodoh di tangan yang di atas”.
Ya itu hanyalah mitos.

Setelah bersusah payah menaikin anak tangga yang beratus-ratus akihrnya sampai juga di puncak kawah Bromo.

Dan berakhirlah petualanagn ini di Puncak Bromo. Saatnya turun dan melanjutkan perjalanan pulang .kita pun tak bisa mengambil jalur Wonokitri Nongkojajar, di karenakan hari raya Nyepi dan jalan di tutup. Satu-satunya jalan adalah melewati Probolinggo, Kec.Tongas .Dan membutuhkan waktu 4jam untuk bisa sampai Pandaan-Pasuruan. Meski jauh tapi terbayar semuannya dengan perjalanan malam melewati banyak masyarakat merayakan pesta Ogo-ogo dan Panorama Bromo yang tak bisa terlupakan.

--END--

Penulis : Mekanik Elektronik Informatika ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Adventure bersama keluarga ke Bromo ini dipublish oleh Mekanik Elektronik Informatika pada hari Selasa, 16 Juli 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Adventure bersama keluarga ke Bromo